Tip dan Trik Pemeliharaan PC

TIP DAN TRIK

Sering kali melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya sangat membantu dalam merawat dan mengelola computer, dimana hal-hal tersebut akan memudahkan dan meningkatkan efisiensi kerja.

Berikut beberapa tip atau trik seputar pemeliharaan dan penggunaan computer :

  1. Untuk menjaga penampilan computer agar tampak tetap bersih. Tempatkanlah computer pada ruang yang tidak kotor dan pada posisi yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Misalnya, jangan tempatkan computer di depan jendela. Bila perlu bisa membersihkan computer secara berkala. Untuk membersihkan permukaan computer, jangan menggunakan zat atau cairan yang merusak permukaan (abrasife).

  2. Gunakan stabilizer untuk menjaga kemungkinan tidak stabilnya tegangan listrik, terlebih lagi bisa menggunakan UPS.

  3. Catatlah setiap perubahan yang dilakukan terhadap computer, baik yang berupa perbaikan atau perubahan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas computer.

  4. Hidupkan dan matikan computer sesuai prosedur yang benar dari sistem operasi.

  5. Gunakanlah stiker label untuk menandai disk-disk (disket, CD Rom, dan lain-lain).

  6. Simpanlah disk-disk pada tempat yang bersih dari debu dan kotoran lainnya, serta terjaga suhu dan kelembaban udaranya. Karena kondisi yang lembab akan menimbulkan jamur pada disk. Hal ini akan menimbulkan masalah pada disk drive yang pergunakan nantinya.

  7. Jangan mudah melakukan tukar menukar disket dengan computer lain yang tidak tahu kondisinya. Jika harus melakukan hal tersebut, lakukanlah pemeriksaan terhadap disket tersebut terlebih dulu. Terutama kemungkinan adanya virus pada disket tersebut.

  8. Jangan membiasakn diri meninggalkan computer terlalu lama dalam kondisi hidup.

  9. Untuk menjaga kinerja computer, Jangan mengaktifkan terlalu banyak program bantu residen yang tidak perlu lakukan.

  10. Dalam menggunakan program aplikasi, biasakan menggunakan fasilitas dari system aplikasi yang memudahkan dan mempersingkat pengoperasiannya, seperti Hotkey, shortcut dan sebagainya.

  11. Dalam sekali pengoperasian, jangan membuka terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan. Terutama jika data aplikasi tersebut tidak terlalu anda butuhkan saat itu.

  12. Jangan menghubungkan atau melepas perangkat-perangkat penunjang dalam kondisi hidup. Hal ini untuk menjaga kemungkinan terjadinya hubungan singkat diantara keduanya atau diantara pin-pin konektor yang ada.

  13. aturlah posisi pengatur tebal kertas pada posisi yang benar untuk pencetakan pada kertas rangkap.

  14. Gunakanlah pita dan tinta yang sesuai untuk printer. Untuk yang melakukan refill terhadap pita printer, jangan melakukan refill jika kondisi cartridge pita printer sudah tidak layak.

  15. jangan menggunkan minyak pelumas pada girgir printer yang terbuat dari plastik.

  16. Hindarkan perangkat computer dari medan magnet atau elektromagnit yang cukup kuat.

  17. Jika menemui masalah pada perangakat ingat bahwa hampir di setiap perangkat memiliki fasilitas self test. Cobalah periksa dan lakukan hal tersebut sebelum memutuskan untuk membawa ke tempat reparasi.

  1. Leave a comment

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: